Januari 25, 2011

Kisi-kisi manajemen keuangan

KISI-KISI UAS MANAJEMEN KEUANGAN

  1. Mengapa EBIT pada umumnya dianggap tidak terpengaruh oleh leverage keuangan? Mengapa EBIT dalam kenyataannya bisa dipengaruhi oleh leverage keuangan apabila rasio utang sangat tinggi?
  2. Mengapa tingkat utang perusahaan yang memaksimumkan EPS yang diharapkan pada umumnya lebih tinggi daripada tingkat utang yang memaksimumkan harga sahamnya?
  3. Jelaskan bagaimana laba atau rugi akan diperbesar dalam sebuah perusahaan dengan leverage operasi yang tinggi dibanding perusahaan dengan leverage operasi yang lebih rendah.
  4. Sebutkan kategori utama dari faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan dividen.
  5. Kendala apa saja yang mempengaruhi kebijakan deviden?
  6. Apakah masuk akal jika perusahaan meminjam uang untuk membayar dividen? Jelaskan.
  7. Dari sudut pandang peminjam, mana yang lebih berisiko: kredit jangka panjang ataukah kredit jangka pendek? Jelaskan. Adakah gunanya melakukan pinjaman jangka pendek bila suku bunga jangka pendek lebih tinggi daripada suku bunga jangka panjang?
  8. Jika kredit jangka panjang tidak terlalu berisiko bagi peminjam, mengapa ada orang atau perusahaan yang menggunakan kredit jangka pendek?
  9. Mengapa perusahaan melindungi diri untuk mengurangi risiko?
  10. Bagaimana kontrak opsi, future dan forward dapat digunakan untuk merencanakan strategi perlindungan terhadap risiko?
  11. Mengapa suatu opsi biasanya dijual pada harga yang lebih tinggi daripada nilai rumusannya?
  12. Untuk maksud mengukur leverage perusahaan, apakah saham preferen harus diklasifikasikan sebagai utang atau ekuitas? Apakah ada masalah jika klasifikasi tersebut dilakukan (1) oleh manajemen perusahaan (2) oleh kreditor atau (3) oleh investor ekuitas ?
  13. Salah satu keunggulan leasing yang sering disebut-sebut di masa lalu adalah tidak tercatatnya kewajiban di neraca, sehingga memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan leverage yang lebih tinggi daripada seharusnya. Hal ini menimbulkan pertanyaan apakah kewajiban lease dan aktiva lease harus dikapitalisasi dan disajikan di neraca. Bahaslah pro kontra mengenai pengkapitalisasian kewajiban lease dan aktiva yang berkaitan.
  14. Evaluasilah pernyataan berikut: ”Menerbitkan sekuritas konvertibel merupakan cara agar suatu perusahaan dapat menjual saham biasa dengan harga di atas harga pasar yang berlaku.”
  15. Dua perusahaan terbuka yang besar sedang mengusahakan merger. Tidak ada sinergi operasi yang diharapkan. Akan tetapi, karena pengembalian dari kedua perusahaan itu tidak berkorelasi positif secara sempurna, maka deviasi standar laba perusahaan gabungan tersebut akan menurun. Salah satu kelompok konsultan berpendapat bahwa pengurangan risiko ini sudah memadai untuk melakukan merger. Kelompok konsultan lainnya menganggap bahwa penurunan risiko ini tidak relevan karena para pemegang saham dapat saja membeli saham kedua perusahaan sehingga menurunkan risikonya tanpa perlu repot-repot melakukan merger yang tentunya membutuhkan biaya . Pendapat mana yang benar?

1 komentar:

saracens mengatakan...

Thanks for providing such a great article, it was excellent and very informative.
as a first time visitor to your blog I am very impressed.
Economics :)

Tugas TA setelah UTS

Metode perkuliahan sama dengan sebelum UTS. Semua kelompok membuat tugas dan satu kelompok bertugas untuk presentasi. (Tugas di buat dalam ...